Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Titik Awal

Oleh:

Rp 70.000 Rp 63.000

Dengan membaca esai-esai Mahfouz, kita jadi lebih mengerti bagaimana ideologi dan jalan hidupnya yang belum kita dapatkan saat membaca karya sastranya.

Mungkin tidak banyak pembaca yang tahu bahwa Mahfouz amat dalam pengetahuannya tentang filsafat Barat. Kebanyakan esai dalam kumpulan ini menunjukkannya. Ada banyak esai yang terlihat sebagai rangkuman-rangkuman yang luas tentang aliran-aliran filsafat layaknya sebuah ensiklopedi ringkas Socrates, Plato, Aristoteles, kaum Sofis, Stois, Epikurean, Neo-Platonis, semua ada di sana, begitu pula Descartes, Kant, David Hume, John Stuart Mill, Bergson, William James, Pavlov, dan banyak lagi yang lain. Bagi yang belum mendalami filsafat Barat, esai-esai Mahfouz dalam buku ini bisa dijadikan titik awal dan pengantar yang mengalir dan tenang.

Mahfouz juga menulis mengenai sastra di Mesir. Komenar-komentarnya seputar sastrawan Mesir patut disimak sebab mengungkap bagaimana struktur sastra Arab di sana dibangun. Ia juga menulis esai mengenai Umm Kulthum, biduanita yang kemasyhurannya sampai Indonesia, mengaitkannya dengan sejarah dan seni di negerinya. Esai penutup dalam kumpulan ini juga cukup mengejutkan sebab ia ternyata pernah menulis tanggapan dengan gaya surat terbuka kepada Sayyid Qutb, sang tokoh Ikhwanul Muslimin, tentang karyanya Tamsil Seni di dalam Al-Qur’an.

Dengan membaca esai-esai Mahfouz, kita jadi lebih mengerti bagaimana ideologi dan jalan hidupnya yang belum kita dapatkan saat membaca karya sastranya. Dalam esai semuanya terbuka, dalam karya sastra ada bagian tertentu yang tertutup demi kepatuhan pada bangunan estetika.

Berat0.2 kg
Dimensi14 × 21 cm
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

166

Penulis

Penerbit

Penerjemah

Tahun Terbit

2019

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Titik Awal”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.