Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

The Art of Listening

Oleh:

Rp 59.000 Rp 53.100

“Semakin kita memahami diri sendiri, tentu saja semakin tepat keputusan-keputusan yang kita ambil. Semakin kurang kita memahami diri sendiri, maka semakin membingungkan keputusan-keputusan tersebut.”

The Art of Listening – Kiranya tepat saatnya sekarang ini untuk membahas mengenai apa yang disebut Freud sebagai fungsi ego—yang menurut saya adalah suatu kemunduran dan penemuan kembali semenjak ditemukannya dahulu kala karena tak seorang pun di luar kaum Freudian ortodoks yang menyangsikan bahwa terdapat begitu banyak fungsi lain dari akal pikiran yang bukan merupakan hasil dari naluri seksual. Menurut saya ini adalah suatu perhatian dan penekanan baru atas ego. Suatu langkah mundur dari apa yang sebenarnya merupakan bagian paling penting dari pemikiran Freud, yaitu, penekanan terhadap hasrat. Walaupun kekuatan ego dalam pengertian tertentu merupakan suatu konsep yang penuh makna, pada dasarnya ego adalah pelaksana dari hasrat; baik pelaksana hasrat-hasrat berbahaya (malignan/passions, selanjutnya disebut hasrat jahat atau ganas) maupun pelaksana hasrat-hasrat tak berbahaya (benign passions, selanjutnya disebut hasrat ramah atau lunak). Dan yang terjadi pada manusia, apa yang menuntun tindakan-tindakannya, apa yang membangun kepribadiannya, adalah tergantung pada hasrat macam apa yang menggerakkannya.

Ini adalah revisi yang hendak saya tawarkan terhadap teori Freud: bahwa permasalahan utama di sini bukanlah perseteruan antara ego melawan hasrat, melainkan pertarungan antara satu jenis hasrat melawan jenis hasrat yang Iain. “Semakin kita memahami diri sendiri, tentu saja semakin tepat keputusan-keputusan yang kita ambil. Semakin kurang kita memahami diri sendiri, maka semakin membingungkan keputusan-keputusan tersebut.”

Berat0.4 kg
Dimensi13 × 19 cm
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

315

Penerbit

Penerjemah

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “The Art of Listening”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.