Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Supersense

Oleh:

Rp 95.000 Rp 85.500

Mengapa kita mempercayai hal tak masuk akal

Sebagian besar dari kita percaya dengan berbagai hal yang bersifat supranatural. Keyakinan supranatural ditemukan dalam berbagai bentuk di peradaban dari generasi ke generasi. Banyak penelitian psikologi menemukan bahwa keyakinan seperti itu sudah ada dalam pikiran anak-anak sejak kecil sebelum mereka mengenal bahasa.

Mengapa manusia cenderung memiliki kepercayaan terhadap hal-hal yang irasional? Mengapa manusia percaya kepada bermacam-macam takhayul seperti ruh dan hantu? Mengapa manusia percaya pada keberadaan sosok ilahi yang konon mahatahu dan mahakuasa?

Profesor Bruce M. Hood, seorang Psikolog dari Inggris berusaha membedah desain pikiran manusia dan mengungkap berbagai konsep pikir alamiah yang ada di dalam benak manusia sejak mereka lahir. Ia menjelaskan bahwa konsep seperti esensialisme, vitalisme, dan dualisme susbtansi pikiran-tubuh jasmaniah adalah konsep pikir bawaan sejak lahir. Menurut Hood, konsep pikir seperti ini adalah manifestasi dari kecenderungan akal bawah sadar kita untuk membangun sebuah teori, yang ia sebut sebagai teori-intuitif, dari data-data sensorik yang masuk melalui panca indera.

Hood menjelaskan bahwa sifat akal kita yang senantiasa membangun narasi secara otomatis adalah sifat yang menguntungkan dalam perspektif evolusi manusia sebagai makhluk sosial. Keberadaannya menjamin kohesi sosial dan akhirnya meningkatkan kemampuan menyintas. Dari perspektif ini, agama bukanlah sumber ide-ide takhayul, tapi struktur pikiran manusia sendiri-lah yang menjadi sumber ide-ide takhayul itu. Agama hanya menyediakan kerangka konsep bagi ide-ide takhayul yang sudah ada dalam benak manusia sejak awal.

Penjabaran ilmiah tentang mengapa kita percaya hal-hal supranatural dihadirkan oleh Hood secara komprehensif sekaligus mudah dipahami dalam buku penuh “gizi” ini.

Berat0.45 kg
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

420

Penulis

Penerbit

Tahun Terbit

2020

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Supersense”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.