Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Sekolah Dibubarkan Saja!

Oleh:

Rp 65.000

“Sekolah dibubarkan saja!” adalah sebuah catatan perjalanan hidup yang lama tersimpan dalam hati dan file komputer saya. Ini adalah hasil dari interaksi dengan banyak teman dan sahabat. Ini adalah hasil dari sebuah penelitian di beberapa tempat di Ranah Minang yang saya cintai. Terlalu banyak kenyataan menyedihkan mengendap di ranah yang indah ini khususnya dalam dunia pendidikan. Terlalu banyak ketidakadilan dan terlalu banyak harapan yang mengawang. Akhirnya, semua ini harus ditumpahkan melalui “Sekolah dibubarkan saja!”

Menulis dan mempublikasikan “Sekolah dibubarkan Saja” diawali dengan berbagai pertentangan hati dan sosial. Apakah ini benar-benar akan membangun atau bahkan sebaliknya. Akan tetapi sebagai realita sosial, apakah ini akan terus didiamkan atau berpura-pura bahwa semua ini tidak pernah terjadi? “Sepahit apapun kejujuran, jauh lebih baik daripada kebohongan”. Akhirnya inilah yang mendorong “Sekolah dibubarkan saja!” untuk terus maju.

Sebagai sosiolog, kenapa tulisan ini tidak dalam bentuk paparan hasil penelitian saja sehingga bisa dijadikan referensi yang falid bagi banyak orang? Akan tetapi, persoalan ini bukanlah perkara baru dan telah banyak penelitian yang mengungkapnya. Namun tetap saja belum menghasilkan sebuah perubahan.

Saya belajar dari banyak kejadian yang berlalu. Kenyataannya, rasionalitas tidak cukup kuat untuk membuat perubahan di negeri ini. Rasa simpati, emosi, dan hati keresahan saya disampaikan melalui bertutur dan bercerita melibatkan emosi dan pandangan subjektif saya sebagai manusia karena saya yain yang akan membaca tulisan ini juga manusia yang mempunyai rasa dan hati nurani. Keyakinan saya, permasalahan di dunia pendidikan sekarang ini tidak bisa diselesaikan dengan logika saja, tetapi harus lebih banyak menggunakan hati nurani.

Berat0.3 kg
Dimensi13 × 19 cm
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

xiv +178

Penerbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Sekolah Dibubarkan Saja!”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.