Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Puisi-Puisi Pilihan

Oleh:

Rp 40.000

Puisi-puisi Catullus adalah jembatan yang jelas untuk melihat bagaimana pengaruh tradisi puisi Yunani Klasik diteruskan ke dalam khazanah Latin Klasik.

Catullus atau Gaius Valerius Catullus adalah penyair Latin yang hidup sekitar tahun 84 SM – 54 SM. Catullus lahir di Verona, berasal dari keluarga yang memiliki hubungan baik dengan Julius Caesar, dan pergi ke Roma dalam usia yang sangat muda. Di Roma, Catullus memusatkan perhatiannya pada puisi dan menjadi anggota dari kelompok poetae novi (para penyair baru), sekelompok penyair yang pada umumnya membawa pengaruh puisi Yunani ke dalam sastra Latin, terutama dasar-dasar puitika Aleksandria. Para poetae novi tersebut mengambil pengaruh yang sangat banyak dari Kallimakhos (310 SM – 240 SM), penyair Yunani Aleksandria. Catullus adalah penyair terpenting dari antara generasi poetae novi, dengan cukup banyak naskah yang selamat, dan banyak berpengaruh terhadap para penyair Latin di masa sesudahnya.

***
Jika dalam versi yang lebih modern Eliot menulis bahwa historical sense-lah yang menjadikan seorang penulis tradisional, pendapat tersebut dapat kita temukan rujukannya pada hal-hal yang telah dikerjakan Catullus dan para penyair klasik ribuan tahun sebelumnya. Demikianlah, puisi-puisi Catullus dapat dibaca sebagai puisi-puisi yang saling terhubung dan berjalinan, antara satu puisi dengan puisi lain yang ia tulis, juga antara puisi-puisinya dengan puisi-puisi dari para penyair sebelum dan sesudahnya. Puisi 51 yang disertakan dalam terjemahan ini, misalnya, merupakan terjemahan/saduran atas puisi 31 milik penyair Yunani Klasik Sappho. Hubungan erat antara puisi-puisi yang ditulisnya tampak paling jelas dalam puisi-puisi tentang Lesbia. Puisi-puisi Catullus adalah jembatan yang jelas untuk melihat bagaimana pengaruh tradisi puisi Yunani Klasik diteruskan ke dalam khazanah Latin Klasik.

Berat0.11 kg
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

xii+67

Penulis

Penerbit

Penerjemah

Tahun Terbit

2019

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Puisi-Puisi Pilihan”

Kategori: , , Tag:

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.