Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Politik Tanpa Dokumen

Oleh:

Rp 100.000 Rp 90.000

Kumpulan esai

Politik Tanpa Dokumen –┬áSEBUAH ruang yang lapang. Dipenuhi Oleh barisan dokumentasi yang rapi tentang perjalanan partai politik sejak zaman Hindia Belanda hingga kini. Hari demi hari. Mulai dari kliping koran, video, foto, suara, hingga alat-alat peraga yang representatif. Terakses oleh publik luas yang ingin mengetahui detail peristiwa politik dalam kisahnya yang panjang.

Di manakah ruang dokumentasi politik seperti itu di Indonesia saat hajatan politik tiap tahun digeber dan dirayakan? Barangkali ada yang menjawab ruang itu sudah ada dengan merujuk pada peristiwa pada Maret 2005, saat Ketua Komisi Pemiilihan Umum (KPU) Nazaruddin Sjamsuddin meresmikan Pusat Dokumentasi Pemilu 2004 (PDP) di Jakarta. Yang kemudian digadang-gadang sebagai Museum Pemilu.

Ada juga masyarakat sipil dengan bantuan donatur asing yang sudah membuat portal rumahpemilu.org lantaran situs KPU tidak bisa diharapkan sebagai pusat utama data pemilu. Mereka gelisah bagaimana mungkin negara dengan eksperimen demokrasi yang terkadang berbahaya ini tak memiliki pusat dokumentasi politik yang lengkap, representatif, dan terakses.

Berat0.5 kg
Dimensi13 x 19 cm
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

462

Penyunting

Penerbit

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Politik Tanpa Dokumen”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.