Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Poe(li)tics, sebagai nama bunga rampai ini, mengandaikan wajah ganda: di satu sisi, sastra sebagai modalitas berpikir, produksi struktur, pemahaman, sementara di sisi lain sastra berfungsi sebagai praksis yang memuat ideologi politik tertentu di dalamnya.

Poe(li)tics: Esai-esai Politik Kritik Sastra di Indonesia – “Kritik” tulis Terry Eagleton dalamĀ The Ideology of Aesthetic, “bukan sekadar ungkapan pesam tekstual kepada pembaca, bukan sekadar terjemahan ulang atas apa yang dipahami dari teks. Ia adalah sebentuk usaha menyingkap apa yang tidak diungkap dalam teks, membongkar prasyarat-prasyarat ideologis pembuatannya”. Setiap pengetahuan-diri dalam teks hampir selalu berupa pengabaian-diri atas ideologinya. Untuk mencapai kondisi ini. suatu kritik (sastra) perlu menyingkap prasejarah ideologis tersebut, menempatkan diri melampaui apa yang tampak secara tekstual menuju pengetahuan saintifik tentang ideologi tersebut.

Poe(li)tics, sebagai nama bunga rampai ini, mengandaikan wajah ganda: di satu sisi, sastra sebagai modalitas berpikir, produksi struktur, pemahaman, sementara di sisi lain sastra berfungsi sebagai praksis yang memuat ideologi politik tertentu di dalamnya. Sastra tidak bisa lepas–dan karenanya hampir selalu lahir–dari ideologi pengarang, sekaligus mempengaruhi kontestasinya dengan kritik terhadapnya. Di dalam teori sastra itu sendiri, bekerja sebuah modus politik yang melibatkan pengarang dan pranata-pranatanya. Dan itulah mengapa kajian terhadapnya dirasa penting, karena ia akan memperlihatkan apa yang mungkin tak terlihat dari struktur internal dari kritik sastra itu sendiri.

Berat0.4 kg
Dimensi16 x 23 cm
ISBN

977-2477-3420-13

Jenis Sampul

Jumlah Halaman

xii+320

Penerbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Poe(li)tics: Esai-esai Politik Kritik Sastra di Indonesia”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.