Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Matinya Epidemiolog

Oleh:

Rp 75.000 Rp 67.500

[…] Wallace menyebut realita itu sebagai “Matinya Epidemiolog”, mereka dimatikan suaranya karena bertentangan dengan kepentingan kelas penguasa.

Matinya Epidemiolog – Dari gua di Tiongkok, ruang rapat di Amerika Serikat, hingga hutan tropis di Indonesia, Wallace melacak asal-usul pandemi COVID-19. Kemunculan wabah ini harusnya tidak mengejutkan kita, karena sudah jauh-jauh hari para Epidemiolog memperingatkan tentang ancaman penyakit menular baru di sepanjang sirkuit yang dilintasi modal. Itu karena sistem ekonomi kita saat ini mensyaratkan penghancuran ekologi sebagai hal yang diperlukan bagi keberadaannya.

Dampak perusakan ekologi itu telah membuat patogen (virus, bakteri, dll) kehilangan habitat alaminya yaitu di hutan lebat, karena kawasan itu telah diganti menjadi area pertambangan, peternakan, pertanian industri, hingga perkebunan skala besar. Kini kehidupan patogen itu menjadi dekat dengan kehidupan manusia, mereka seperti mengantri untuk menciptakan epidemi berikutnya.

Peringatan ahli epidemiologi, tidak lantas membuat pemerintah bertindak cepat menata kebijakan ekonominya. Kelas penguasa justru melakukan penyangkalan dan pembenaran terhadap tindakan keliru yang mereka jalankan.

Hal itu dapat dipahami karena kepedulian terhadap lingkungan hidup bertentangan dengan logika ekonomi kapitalisme. Atas dasar itu, Wallace menyebut realita itu sebagai “Matinya Epidemiolog”, mereka dimatikan suaranya karena bertentangan dengan kepentingan kelas penguasa.

Berat0.35 kg
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

284

Penulis

Penerjemah

Penerbit

Tahun Terbit

2021

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Matinya Epidemiolog”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.