Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Marxisme dan Problem Ilmu Bahasa

Oleh:

Rp 50.000 Rp 42.500

Dalam konteks ilmu bahasa, teori Marx merupakan wujud penerapan teori Marxis tentang perjuangan kelas secara vulgar ke dalam ilmu bahasa. Marx berpendapat bahwa bahasa, dalam kerangka materialisme historis Marxian merupakan bagian dari suprastruktur yang merupakan cerminan dari kondisi basis.

Marxisme dan Problematika Ilmu Bahasa adalah kumpulan pamflet dari Joseph Stalin, yang saat itu dikenal sebagai pemimpin pemerintah sekaligus pemimpin Partai Komunis Uni Soviet. Dalam buku ini juga terdapat tulisan-tulisannya yang ditulis untuk Koran Pravda di tahun 1950. Sebuah surat kabar resmi Partai Komunis Uni Soviet, dan merupakan surat kabar paling berpengaruh saat itu. Dengan berpusat pada pertanyaan-pertanyaan terkait bahasa, Stalin menyerang dogma “Marxis” yang dianggap basi dan menunjukkan bahwa Partai Komunis Uni Soviet telah merevisi Marx dan Engels dibeberapa bagiannya. Sekaligus secara diam-diam merevisi Marxisme pada titik yang paling fundamental.
Dalam konteks ilmu bahasa, teori Marx merupakan wujud penerapan teori Marxis tentang perjuangan kelas secara vulgar ke dalam ilmu bahasa. Marx berpendapat bahwa bahasa, dalam kerangka materialisme historis Marxian merupakan bagian dari suprastruktur yang merupakan cerminan dari kondisi basis. Artinya, bahasa memiliki karakter kelas. Implikasi politis dari hipotesis Marx tersebut adalah bahwa ketika revolusi terjadi dan moda produksi kapitalis digantikan oleh moda produksi sosialis, maka harus juga dilakukan revolusi terhadap bahasa —karena bahasa merupakan bagian dari suprastruktur. Teori Marx sempat menjadi doktrin utama ilmu bahasa Uni Soviet hingga terbitnya Marxisme dan Problem Ilmu Bahasa pada tahun 1950.
Berat0.15 kg
Dimensi12 × 19 cm
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

81

Penulis

Penerbit

Penerjemah

Tahun Terbit

2019

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Marxisme dan Problem Ilmu Bahasa”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.