Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Kritik Seni

Oleh:

Rp 65.000

Buku kritik seni ini dalam sajiannya ditulis berdasarkan pokok atau topik bahasan. Penjabaran dari tiap topik ditulis secara garis besarnya saja, sehingga untuk mendapatkan perluasan wawasan (pengembangan pola pikir), pembaca terdorong untuk melengkapi sendiri sesuai dengan literatur sesuai kemampuan dirinya.

Kritik Seni merupakan salah satu alternatif yang dibuat dengan pertimbangan untuk memenuhi pembaca dalam memberikan garis-garis besar pemahaman seni atau pengamatan seni, terutama mereka yang ingin studi tentang penulisan kritik. Buku ini memberikan informasi pembaca tentang bagaimana sebaiknya kritik yang kita kembangkan. Salah satu tujuan kritik seni ialah berkembangnya proses apresiasi menuju tingkat apresiasi kritis, bahwa seorang kritikus harus mampu menjadi kawan dialog masyarakat (apresiator) dan juga seniman tentang karya karya seni yang mereka temukan dan mereka hadapi.

Hal yang berkaitan dengan permasalahan tugas kritik, seseorang harus mampu menempatkan dirinya sebagai mediator ataupun fasilitator, sehingga mampu menjadi jembatan dialog antara karya seni, seniman dan penghayat. Sehingga karya kritik seni harus mampu menguraikan, menginterpresikan, dan melakukan evaluasi atas karya-karya seni. Sesuai dengan tujuan utama kritik seni adalah understanding, yaitu mencoba untuk mengerti apa-apa yang ada dalam karya seni tersebut. Sesudah itu adalah usaha untuk mendapatkan kesenangan atau kenikmatan (pengertian yang benar atas karya seni itu) dan berikutnya adalah keinginan untuk berbagi dengan orang lain tentang apa yang dimengerti tersebut.

Buku ini juga dapat digunakan sebagai acuan pembelajaran bagi mahasiswa seni rupa dan desain, karena buku ini merupakan perangkat dan perkakas penulisan kritik yang dibuat dan mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), sehingga buku ini mudah dicerna oleh para mahasiswa dengan harapan mahasiswa mampu mengembangkan sendiri lewat pemahaman seni dengan berbagai pendekatan seni. Untuk keperlu-
an itulah buku ini sengaja dibuat dengan bahasa yang mudah dicerna terutama bagi pembaca yang ingin mengetahui dasar-dasar kritik seni dan aplikasi pemahamannya.

Buku ini dalam sajiannya ditulis berdasarkan pokok atau topik bahasan. Penjabaran dari tiap topik ditulis secara garis besarnya saja, sehingga untuk mendapatkan perluasan wawasan (pengembangan pola pikir), pembaca terdorong untuk melengkapi sendiri sesuai dengan literatur sesuai kemampuan dirinya. Pertimbangan lain bahwa buku ini disusun sekaligus untuk menepis anggapan bahwa kritik seni merupakan satu kegiatan untuk memvonis; satu hipotesis untuk menunjukan kekurangan dan kelemahan pada seniman dan karyannya. Kritik selalu dikaitkan sebagai bentuk penghakiman, vonis dan bahkan mencela. Sehingga setiap penerima perilaku kritik (seniman) harus mampu menahan sakit hati karena dicela karyanya. Di lain pihak seniman merasa sudah berbuat sesuatu yang dianggap cocok, karena dengan intensitasnya mereka sudah berbuat total dalam mewujudkan karya seninya.

Berat0.3 kg
Jenis Sampul

Penulis

Penerbit

Tahun Terbit

2020

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Kritik Seni”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.