Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Inilah Resensi

Oleh:

Rp 65.000

Rekaman atas resensi-resensi dari publikasi masa silam membuat buku panduan ini menjadi berenergi dan menggugah.

Buku Inilah Resensi merupakan pengembangan dari buku saya sebelumnya, Berguru Pada Pesohor (2011–ditulis bersama Diana A.V. Sasa). Sekira 80% isi buku ini merupakan data-data baru.

Lebih dari 100 nama peresensi dari 200 lebih resensi buku saya ikutkan membangun narasi buku ini. Oleh karena itu, Inilah Resensi tidak sekadar panduan bagaimana struktur sebuah resensi dibangun, melainkan juga pengenalan secara mendalam dunia resensi dengan melakukan lawatan sejarah yang jauh. Praktik penulisan resensi ini sesungguhnya praktik yang sudah tua sekali umurnya.

Lewat perburuan hikmah resensi dari masa ke masa, saya menemukan sejumlah nama yang selama ini tidak pernah dipertautkan dengan dunia resensi yang ternyata turut ambil bagian di sana. Misal, nama Mohammad Hatta dan Sukarno.

Keduanya, selain menulis resensi, juga menyumbang istilah yang lebih dalam tentang makna resensi. Sukarno menyebut resensi itu sebagai “tilikan”. Bagi Karno, meresensi adalah menilik sebuah buku. Nah, lain Sukarno, lain pula Hatta. Tokoh yang terkenal sebagai pencinta buku kelas dewa ini punya istilah sendiri untuk resensi, yakni “kupasan”. Kerja menuliskan kembali hasil bacaan dari sebuah buku itu, ya, mengupas, ya, menilik.

Becermin pada Sukarno-Hatta, meresensi adalah cara kita memasuki dunia buku dengan segala keajaiban dan keruwetannya. Menuliskan kembali kesan dan pandangan kritis kita terhadap buku merupakan siasat kita mengikat ilmu pengetahuan. Membaca buku yang baik, oleh karena itu, disertai dengan menuliskannya. (Muhidin M. Dahlan)

Berat0.3 kg
Dimensi13.5 × 20 cm
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

256

Penulis

Penerbit

Tahun Terbit

2020

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Inilah Resensi”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.