Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Hikayat Sumatra

Oleh:

Rp 68.000 Rp 57.800

Rimba, hutan, sebagaimana yang Anda ketahui, memang sumber hidup banyak orang, namun juga ia sumber persoalan beberapa dekade belakangan. Pemodal-pemodal gendut menanamkan modal untuk mengambil alih hutan, mengisinya dengan komoditas baru yang siap bersaing di pasar global, dunia bisnis menamainya sebagai hutan tanaman industri.

Hikayat Sumatra – “Sekarang, tanaman obat makin jauh, susah dicari,” perempuan tua itu masih tersenyum, seakan tidak terjadi apa-apa dengan kata-katanya. Rimba, hutan, sebagaimana yang Anda ketahui, memang sumber hidup banyak orang, namun juga ia sumber persoalan beberapa dekade belakangan. Pemodal-pemodal gendut menanamkan modal untuk mengambil alih hutan, mengisinya dengan komoditas baru yang siap bersaing di pasar global, dunia bisnis menamainya sebagai hutan tanaman industri.

Lahan-lahan luas membentang berubah menjadi tanaman industri yang memasok kertas, perkebunan-perekebunan luas tercipta. Di banyak tempat, secara implisit, orang-orang berdasi bicara tentang tanaman industri dan perkebunan yang telah membuat jutaan anak bisa sekolah, jutaan otak butuh nutrisi. Tapi, sawit jugalah yang membuat kepala-kepala tak berisi menjadi kaya raya dan mencalonkan diri jadi wakil rakyat yang sengsara. Betapa, sawit adalah tumbuhan pembawa cahaya. Dengan sawit, desa-desa yang gelap diterangi lampu. Dari sumber daya alam, negara mengisi kantongnya untuk menghidupi warganya, untuk mencerdaskan masyarakatnya dengan pendidikan. Bukankah bangku-bangku sekolah membutuhkan biaya yang besar?

Berat0.2 kg
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

vi+187

Penulis

Penerbit

Tahun Terbit

2021

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Hikayat Sumatra”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.