Stanbuku.com - Ada untuk dirimu

Filsafat Periode Socrates

Oleh:

Rp 45.000 Rp 40.500

Buku ini adalah penjelasan secara luas tentang perkembangan filsafat pada masa kehidupan Socrates (Yunani: Σωκράτης, Sǒcratēs) (469 SM – 399 SM), filsuf  Yunani yang merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat.

Pada periode Socrates, kehidupan politik Yunani sedang tumbuh intensif, khususnya di Athena yang demokratis. Warga bebas memainkan peran apa pun, dalam hal apa pun, dan jika ingin terjun ke dalam politik, mereka mengikuti semacam pendidikan. Namun pendidikan dengan cara lama sudah tak cukup untuk memenuhi itu. Bentuk ideal aristokrat lama, entah lebih unggul dari cita-cita baru atau tidak, tak mampu memenuhi tuntutan demokrasi yang sedang berkembang. Ada sesuatu yang lebih dibutuhkan, dan kebutuhan ini dipenuhi oleh kaum Sofis.

Kaum Sofis menempatkan pelatihan teoretis sebagai pengganti pelatihan praktis. Mereka adalah profesor keliling yang berjalan dari kota ke kota, mengumpulkan banyak pengetahuan dan pengalaman berharga. Mereka memberi instruksi tentang berbagai hal, termasuk tata bahasa, penafsiran penyair, filsafat mitologi, dan lain sebagainya. Namun, di atas semua itu, mereka mengaku mengajarkan seni Retorika, yang mutlak diperlukan untuk berpolitik.

*

Buku Seri Filsafat diterjemahkan dari karya termahsyur Frederick Charles Copleston, seorang pendeta Yesuit Inggris, yang sebelumnya diterbitkan dalam sembilan jilid antara tahun 1946 dan 1975. Sebagaimana dicatat oleh The Encyclopedia Britannica, karya ini adalah “teks dasar pengantar filsafat untuk ribuan siswa universitas, khususnya dalam edisi paperback AS-nya.”

***

Buku ini adalah penjelasan secara luas tentang perkembangan filsafat pada masa kehidupan Socrates (Yunani: Σωκράτης, Sǒcratēs) (469 SM – 399 SM), filsuf  Yunani yang merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Socrates lahir di Athena, dan merupakan generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani selain Plato dan Aristoteles. Socrates adalah guru Plato, kemudian Plato pada gilirannya mengajar Aristoteles. Semasa hidupnya, Socrates tidak pernah meninggalkan karya tulisan, sehingga sumber utama mengenai pemikiran Socrates berasal dari tulisan muridnya, Plato.

 

Berat0.15 kg
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

104

Penulis

Penerbit

Tahun Terbit

2020

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Filsafat Periode Socrates”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.